Cara Memilih Judul Pokok Suatu Tesis atau Karya Tulis

Posted by: Unknown Updated at : 01.44
Tags:
Biasanya memilih pokok atau judul untuk suatu tesis diserahkan kepada calon sendiri. Calon itu dianggap telah cukup mempunyai sikap ilmi...
Cara Memilih Judul Pokok Suatu Tesis atau Karya Tulis

Biasanya memilih pokok atau judul untuk suatu tesis diserahkan kepada calon sendiri. Calon itu dianggap telah cukup mempunyai sikap ilmiah, sehingga ia sanggup melihat masalah atau problema dalam lapangannya,  sanggup merumuskan serta mencari jalan yang tepat untuk memecahkannya. Pokok yang dipilihnya itu tentu masalah yang hangat baginya, sehingga ia terdorong untuk memecahkannya.

Walaupun diberi kebebasan dalam memilih suatu pokok atau tesisnya, tentu saja pokok atau tesisnya itu harus disetujui oleh pembimbingnya yang bertindak atas nama tesis atau panitia ujian. Pembimbing pada umumnya seorang dosen dalam bidang pokok tesis itu.

Dalam memilih pokok tesis, hendaknya memenuhi syarat-syarat sebagai berikut:

  1. Pokok itu harus menarik minatnya
  2. Pokok itu harus mengandung masalah, sehingga merangsangnya untuk mengadakan penyelidikan, bacaan, observasi, dan sebagainya.
  3. Membuat tesis/karya tulis itu harus memperluas, memperkaya, dan memperdalam pengetahuan dalam bidang yang diselidikinya itu. Suatu tesis/karya tulis hanya dapat dibuat dengan baik bila penulisnya berusaha menguasai sepenuhnya bahan yang berkenaan dengan topik itu.
  4. Pokok itu hendaknya jangan terlampau luas, tetapi cukup sempit dan terbatas untuk ditelaah secara mendalam
  5. Pokok itu harus memenuhi syarat-syarat yang ditentukan oleh fakultas/jurusan.
  6. Pokok itu harus dalam batas kesanggupan calon untuk menyelesaikannya
Demikianlah syarat-syarat dalam pemilihan judul pokok suatu karya tulis maupun tesis. 
Title : Cara Memilih Judul Pokok Suatu Tesis atau Karya Tulis
Description : Biasanya memilih pokok atau judul untuk suatu tesis diserahkan kepada calon sendiri. Calon itu dianggap telah cukup mempunyai sikap ilmi...

0 komentar "Cara Memilih Judul Pokok Suatu Tesis atau Karya Tulis"